Mahasiswa UNEJ Perkenalkan TIk Sejak Dini

 

Sumber Pandan, KKN 99

Mahasiswa peserta KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Jember melakukan pelatihan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di SDN Sumber Pandan 1 dan SDN Sumber Pandan 2. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari kelompok KKN 99 yang memiliki tema desa TIK. Berdasar tema yang didapat, program kerja yang dilakukan kelompok KKN ini terfokus pada kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan mengenai teknologi informasi dan komunikasi warga Desa Sumber Pandan.

Pelatihan yang diasakan pada Senin (8/8/2018) ini bertujuan untuk mengenalkan dan mulai membiasakan anak – anak pada era komputerisasi saat ini. “Pelatihan ini mengenalkan anak – anak pada komputer, sehingga nanti mereka sudah tidak kebingungan ketika harus memanfaatkan komputer,” ujar Tegar selaku Wakil Kooordinator Desa. Pelatihan ini dikhususkan pada materi mengetik sebagai modal awal penggunaan komputer. Pelatihan ini menyasar siswa SD kelas 5 dan 6 karena sudah mampu untuk menangkap materi yang disampaikan.

Saat ditanya mengapa memilih Siswa SD sebagai target pelatihan Tegar berkata “Mengajari anak itu lebih mudah dibanding dengan mengajari orang dewasa, karena pemikiran anak – anak masih polos,” ujarnya. Hal ini senada dengan perumpamaan mengukir diatas batu lebih mudah daripada menulis diatas air. Maka dari itu Pendidikan anak sangatlah penting karena hal ini akan menjadi bekal anak tersebut ketika dewasa.

Pelatihan yang diadakan selama dua hari pada tiap SD ini dilakukan dengan cara mentoring peserta yang dibagi menjadi beberapa kelompok. “Dengan metode ini diharapkan anak – anak lebih mudah faham karena bisa fokus di kelompok kecil dan juga lebih mudah dibimbing jika mengalami kendala dalam praktik,” ujar Winda salah satu mentor. Selain itu dibaginya peserta dalam kelompok ini juga dikarenakan keterbatasan komputer sebagai alat penunjang pelatihan.

Mahasiswa KKN berharap dengan adanya pelatihan ini anak – anak Desa Sumber Pandan dapat mengenal dan terbiasa dengan penggunaan komputer untuk sesuatu yang bermanfaat dan dapat berguna dimasa mendatang. (aqf)

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *