Upacara 17 Agustus Di Malam Hari, Warga Antusias akan terobosan Kepala Desa

 

Pada tanggal 16 Agustus 2018, warga desa Sumber Pandan Berkumpul di Lapangan disebelah rumah Kepala Desa. Ada terobosan baru yang dibuat oleh kepala Desa dan BABINSA Desa Sumber Pandan, yaitu upacara pada malam hari sebelum tanggal 17 Agustus. Upacara ini diinisiasi oleh Kepala Desa dan BABINSA dengan tujuan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Upacara pada malam sebelum 17 Agustus merupakan hal yang pertama kali dilakukan oleh Desa Sumber Pandan.

Kelompok KKN yang ditugaskan oleh Universitas di Sumber Pandan juga memiliki kesempatan untuk dapat menyaksikan dan ikut langsung dalam acara tersebut. Yang menarik dari upacara ini adalah, yang bertugas semuanya adalah orang-orang yang sudah tua, bukan anak muda yang ditugaskan untuk melaksanakan acara tersebut, mulai dari pemimpin upacara, pembinan upacara, pembaca UUD 1945, Pembaca doa, paduan suara, dan seluruh petugas upacara. Kepala Desa menginginkan agar seluruh masyrakat desa mau berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan cara menjadi petugas upacara.

Upacara ini mendapatkan banyak sekali pujian dan apresiasi, baik dari kapolsek dan juga dari bapak camat yang menyempatkan hadir ke Desa Sumber Pandan untuk menghadiri upacara tersebut. Beliau mengatakan bahwa terobosan yang dilakukan oleh Desa Sumber Pandan merupakan salah satu contoh yang dapat ditiru oleh desa-desa lain yang ada di Kecamatan Grujugan. Beliau juga mengatakan bahwa tanpa dukungan masyarakat sebagai petugas upacara dan partisipasi masyarakat dalam upacara ini, maka kegiatan tersebut tidak akan berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *